11 Okt 2010

Ini kah yang kita sebut Nasionalisme ???

Indonesia memang sudah kalah 1-7 dari Uruguay...tapi yang akan kita biacarakan disini bukan kenapa kita kalah telak, atau siapa yang harus disalahkan dalam hal ini. Ini cuma masalah saya mendukung tim yang mana.


Sebelum pertandingan ada salah satu teman saya bertanya, "lw dukung mana nanti?". Pertanyaan yang memang simpel tapi rentan membuat suatu masalah. Misalnya jika saya menjawab saya mendukung Indonesia menang, maka bisa dibilang tidak realistis, tidak bisa melihat kenyataan begitu pula jika saya jawab saya mendukung Uruguay. Saya bisa dicap sebagai orang yang nasionalisme rendah oleh beberapa orang, dan kalaupun saya bilang imbang, juga malah bisa dianggap orang bermain aman, tidak mau ambil resiko. Ya, memang pada akhirnya itu tergantung masing-mading dari kita mau bagaimana menyikapinya.


Yang menjadi masalah adalah saat saya menjawab pertanyaan itu, "kalau dilihat sih menang Uruguay, syukur-syukur bisa imbang". Karena itu lah teman saya itu yang penggila olah raga ini reflek mengatakan "wah nasionalisme lw rendah bener, masa tim negara sendiri digituin, dukung itu negara lw sendiri.". Saya pun menjawab "kalau dukung sih ya gw tetep dukung Indonesia tapi masalah menang itu dia yang gw bilang tadi"."lah kalau gitu tetep aja lw ngga dukung Indonesia malah dukung Uruguay, yang namanya dukung itu yakin timnya yang didukung bisa menang." balas kawanku itu.


Pertandingan berjalan dan skor akhir menunjukkan kemenangan untuk Uruguay, persis seperti yang diprediksi. Anehnya temanku itu tidak terlalu lihat kecewa seperti biasanya saat klub Inggris yang didukungnya kalah. Saat saya tanyakan kenapa dan ternyata dia menang taruhan skor di pertandingan itu.


Lah, aneh kan kok katanya dia dukung Indonesia, tapi ternyata menang taruhan.


Itulah kita yang sering bilang nasionalisme itu harusnya mendukung negara sendiri apapun yang terjadi, tapi nyatanya kita memang mendukung Indonesia tapi bertaruh untuk tim lawan. Dan kita juga lupa sering berkata "ah nasionalisme lw rendah, ngga dukung negara sendiri" padhal dibaliknya kita malah bertaruh untuk tim lawan. Jadi Inikah yang kita sebut Nasionalisme ???

0 komentar:

Posting Komentar