21 Agu 2010

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

     Untuk medapatkan manfaat maksimal dari makanan yang kita dapat ada hal-hal yang sebaiknya kita tidak lakukan setelah makan.

     1.Minum air dingin.
     Meminum air dingin setelah makan ternyata kurang baik untuk tubuh. Suhu yang rendah pada air dingin ternyata dapat membekukan makanan, terutama makanan yang mengandung minyak(lemak akan terbekukan). Lemak yang membeku dapat tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran pencernaan kita, dan dapat juga menyebabkan kegemukan.


     2.Makan buah
     Nah ini yang paling sering kita lakukan setelah makan adalah makan buah. Memakan buah setelah makan justru akan membuat perut akan penuh udara/kembung.
Bukan berarti lantas kita tidak boleh makan buah. Hal ini dapat kita siasati dengan memberika jeda 1-2 jam setelah makan, baru kita mngkonsumsi buah tersebut.


     3.Minum teh
     Teh memiliki kandungan asam yang tinggi, hal ini menyebabkan kandungan protein dalam makanan sulit dicerna. Tambahan juga, meminum teh setelah makan  dapat menyebabkan penyerapan zat makanan dalam tubuh menjadi terhambat.


     4.Langsung tidur
     Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya, usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

     5.Berjalan-jalan
     Berjalan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah Anda makan.

     6.Mengendurkan ikat pinggang
     Mengendurkan ikat pinggang dapat menyebabkan usus terbelit dan terblokir.

    7.Merokok
     Berdasarkan penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan sama saja dengan merokok sepuluh batang. Sehingga, kemungkinan terserang kanker jauh lebih besar.

    8.Mandi
     Mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki dan badan yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut.

1 komentar:

KolongLaci mengatakan...

waduh baru tau kalo mandi setelah makan itu kurang bagus

Posting Komentar