4 Des 2011

Hidup dan Déjà vu nya (Part 1 : Pengalaman Pribadi)

    Seberapa sering mengalami déjà vu ??? kalau pertanyaan itu untuk aku, maka jawabannya adalah sering banget. Déjà vu itu sendiri menurutku sih kondisi dimana kita pernah merasa bahwa peristiwa yang baru kita alami sudah pernah kita alami. Banyak teori-teori dan definisi lain tentang déjà vu ini… Percaya atau tidak setiap manusia pasti pernah mengalami déjà vu ini.

    Keadaan déjà vu adalah salah satu keadaan yang paling tidak kusukai. Karena setiap kali déjà vu ada perasaan aneh dan otak selalu berpikir keras…Benarkah kejadiana itu pernaha terjadi ??? Ya bagaimanapun kejadian yang kita anggap déjà vu ini kebanyakan dari kita malah kita hiraukan dan biarkan lewat, walaupun beberapa dari kita menganggap serius.


    Seperti kebanyakan orang diriku memilih untuk tidak menghiraukan kejadian yang kuanggap déjà vu ini. Angin lalu lah kalau orang bilang… Cuma lewat saja. Lantas bagaimana dengan anda ???


    Banyak penjelasan tentang déjà vu ini, mulai dari yang masuk akal secara ilmiah sampai yang tidak masuk akal… Terserah orang mempercayai atau tidak, menganggap serius atau tidak, dan bagiamana mengartikannya. Yang jelas diriku percaya bahwa kejadian déjà vu ini tidak lebih dari sebuah kejadian tidak sadar dan hanya sebagai ilusi semata.


    Banyak pengalaman pribadi déjà vu ini, misalnya waktu lagi kegiatan PA (Pencinta Alam) pas sampai disana kok terasa tempat itu bukan tempat asing dan deg… pas melihat suasana disekitar langsung merasa kok itu familiar…ada yang berkata di dalam pikiran “kok, perasaan udah pernah deh kayak gini??? Tapi kapan ???”. Setelah itu diriku ini hanya bisa menghiraukan dan menganggap déjà vu tadi Cuma perasaan saja.


    Keesokkannya pas saat menyiapkan tenda, makanan, api, dan kumpul bareng…deg ! ! ! ada lagi déjà vu. Lagi-lagi perasaan mengatakan bahwa kejadian ini sudah pernah terjadi tapi pikiran dan otak tidak bisa mengingatnya. Aneh déjà vu berturut-turut. Tapi lagi-lagi ku anggap tidak lebih dari False memory.


    Semakin kemari semakin banyak diriku mengalami kejadian déjà vu ini. Entah takut atau apa aku memutuskan untuk berbicara kepada teman-teman yang kupercayai tentang déjà vu ku ini. Sebuah langkah yang kuanggap cukup berat. Berat ??? Berat karena bagi beberapa orang yang kualami ini tidak lebih dari perasaan dan cukup dihiraukan dan berat karena jarang sekali aku membahas masalah pribadi ku kepada mereka. Bukan berarti aku tertutup tapi aku yakin mereka pasti punya masalah yang lebih besar.


    Ok pertama aku putuskan untuk membicarakan ini kepada vivi, seseorang yang sangat special bagiku. Awalnya agak malas, karena aku tahu ini membuatnya khawatir terlebih sudah lama dia memperhatikanku gelagatku dan tahu ada sesuatu yang lain. Karena yakin kalau tidak berbicara akan lebih membuat dia cemas maka kuceritakan semuanya.


vivi
déjà vu itu mungkin benar mungkin ngga, aku tahu kok yang kamu permasalahin adalah bagaiamana menyikapinya…mempercayai atau membiarkannya. Dan apa yang kamu lakukan udah bener kok karena ngga ada yang tahu cara menyikapinya selain diria kamu sendiri… dan kalau itu memang mengganggu mu cerita aja ke aku dan aku akan bantu. You’re always have me beside you…

Kak Nia
Déjà vu itu bisa aja false memory, atau bisa juga memang kejadian yang benar-benar pernah kamu alami dek, Yang jelas jangan sampai itu mengubah kamu, Karena banyak orang yang gila, lantas mendirikan aliran sendiri, atau menganggap bisa melihat masa Cuma gara-gara déjà vu ini. Beberapa peristiwa déjà vu mungkin memang masuk akal dan benar secara ilmiah sementara sisanya tidak. Kita juga tidak bisa membedakan mana yang real dan pernah kita alami atau Cuma perasaan.

    Itu kata mereka… tapi tetap saja walaupun diriku ini kelihatan tenang tapi pikiranku terus berperang melawan perasaan untuk hal-hal déjà vu ini… Tapi memang ini tidak akan mengubah dunia, jangankan dunia hidupku pun takkan berubah karena hal sekecil ini
(spt)

READ MORE - Hidup dan Déjà vu nya (Part 1 : Pengalaman Pribadi)

14 Nov 2011

Facebook : Adakah pelanggaran Privacy ???

Tick, tick, tick
    “Hey, lihat si A update statusnya” , “Si B jadi Single loh”. Ok semua itu bisa kita ketahui lewat feature barunya facebook, New ticker. Di pojok kanan page facebook, anda bisa melihat apa saja yang dilakukan teman-teman anda secara bebas dan real-time.


Tapi sisi buruknya adalah masalah privasi kita (pengguna).


    Graham Cluley, IT consultant dari perusahaan keamanan Sophos, New ticker ini adalah bencana. Di blognya Ia menulis, New ticker membuat orang lain lebih mudah menguping, mengetahui kegiatan anda, memudahkan orang lain melihat percakapan diantara orang-orang yang tidak di daftar temannya.


New Chat History


    Feature Chat sekarang bisa dibilang memudahkan kita berkomunikasi dengan teman kita karena walaupun saat kita menulis dan teman kita itu log out teman kita itu tetap akan bisa membaca apa yang kita tulis lewat inbox messages/pesannya.


    Hal yang disayangkan adalah tiap chat kita yang sudah dikirim, akan tetap pada inbox pesan. Ya bisa dibilang sebagai chat history kita di simpan di inbox. Bagi beberapa orang ini merupakan pelanggaran privasi.

Ok, itu tadi dua hal yang menjadi masalah… Apakah dengan dua hal diatas privasi anda merasa dilanggar ???

Saya rasa akhirnya hal ini balik ke masing-masing kita lagi… karena ada saatnya feature itu terasa memudahkan kita dan ada saatnya privasi kita terasa terganggu karena itu juga.
(spt)

READ MORE - Facebook : Adakah pelanggaran Privacy ???

23 Okt 2011

Review : CIN(T)A

Review film CIN(T)A versi blog ini :


    CIN(T)A judulnya sih simpel dan agak membingungkan tapi ini film wajib di tonton. Sebuah film Indie karya anak negri yang layak kita acungi jempol. Awalnya sih ngga akan percaya kalau ini termasuk film inide tapi setelah lihat infonya dari berbagai web ternyata benar ini adalah film indie. Dan inilah review dan tanggapan film menurut blog ini.


    Film ini rilis di London 2009 lalu, dan di putar di Indonesia di tahun yang sama. Walaupun masuk dalam kategori film indie film ini sudah selayaknya film besar. Tema yang diangkat untuk film ini termasuk berat untuk kategori film indie. Tentang Cina, Perempuan, Tuhan, Suku, Agama, dan Cinta itu lah tema yang diangkat untuk film ini.


    Cerita berawal dari Cina (Sunny Soon), pemuda keturunan Tionghoa. mahasiswa baru arsitektur ITB yang brilian dari Tapanuli. Seorang Kristen yang taat. Dan Annisa (Saira Jihan), aktris, juga senior Cina di kampus. Berasal dari keluarga Jawa yang kental dengan unsur Islam. Pada pertemuan pertama Cina langsung meremehkan bahwa kecantikan berbanding terbalik dengan kepandaian, juga menyebutkan bahwa IPK Annisa paling-paling hanya 2,1. Walau ternyata memang benar tebakan IPK tersebut.


    Keduanya akhirnya saling jatuh cinta, tapi agama, suku, dan keadaan membuatnya cinta mereka cukup complicated. Dialog dan musik latarnya bagus dan tepat untuk suasanya. Walaupun hanya terfokus pada kedua tokoh utamanya film ini tidak terlalu monoton.


    Sayangnya ada beberapa hal yang kurang dari film ini terlepas dari promosinya yang sangat bagus melalui media internet. Salah satu hal yang disayangkan adalah alur yang terputus-putus seperti ada yang hilang dan endingnya yang bagi saya kurang jelas tapi ini bisa dimaklumi dan tidak terlalu bermasalah.


Namun film ini–sebagai debut sutradaranya, Sammaria Simanjuntak–mampu menghadirkan tema yang selama ini cukup dianggap tabu sehingga dapat dihadirkan ke ranah publik dengan segala pro dan kontranya. Serta juga membuat masing-masing penonton mempunyai persepsi dan pandangan yang berbeda-beda dalam melihatnya tanpa harus digiring ke dalam satu opini tunggal.


    Terlepas itu semua film cukup sukses karena tema yang diangkat adalah tema yang dirasa cukup tabu, terlebih sang sutradara, Sammaria Simanjuntak, baru pertama kali membuat film. Hebatnya di film ini kita sebagia penonton tidak diarahkan kepemikiran si pembuat film tetapi penonton lebih bebas untuk mengartikan makna film ini.


    Ok rating saya untuk film ini :


Untuk kategori film indie saya beri nilai 9
Untuk katergori film Indonesia nilainya 8.5

Overall film ini layak untuk ditonton…. Happy to watch :)
(spt)

READ MORE - Review : CIN(T)A

14 Okt 2011

Inilah Jawabannya

Balik lagi ke masalah pribadi ok.

Kali ini tulisannya akan menjawab pertanyaan yang ditanyakan pas sesi wawancara, dan ngga bisa ngejawabnya atau bisa dibilang ragu pas jawabnya.

Q : “Misalnya kamu udah sibuk banget nih, terus saking sibuknya ngga ada waktu lagi untuk nelpon lah, sms lah, atau pokoknya contact sama pacar kamu….terus pacar kamu minta putus aja, nah itu gimana???”

Q : “mau diputusin dan lebih milih kegiatan kamu, atau ninggalin kegiatan dan lebih memilih pacar kamu…inget kamu sama dia udah lima tahun berdua”
..............................
..............................
..............................
..............................
..............................

Ok, untuk pertanyaan itu sejenak aku ngga bisa jawab. Karena dua-duanya sama pentingnya. Dan kalau harus milih salah satu berat. Dan pas wawancara ini pertanyaan yang agak ngga aku suka dan paling lama butuh waktu untuk mikir.

Sekarang setelah berpikir lebih lama lagi, maka jawaban dari aku :

A: “Aku akan lebih memilih pacarku sekarang ketimbang kegiatan, karena dia udah mengorbankan banyak hal untuk aku, mulai dari yang kecil sampai yang besar seperti rela pisah dari orang tuanya dan lebih tetap memilih di sini daripada pindah ke france sana”
..............................
“Aku belum bisa mengorbankan apa-apa bagi dia, dan walaupun mungkin nanti ujung-ujungnya putus (jangan sampai lah), Aku percaya bahwa nanti akan ada orang lain yang akan melakukan hal yang sama untuk aku, rela berkorban demi aku”
..............................
“Karena life is about take and give, when you do something to people, the other people will do the same for you”
..............................
“So aku lebih milih pacar aku sekarang”

Naif memang kedengarannya tapi itu lah jawaban dari hati dan pikiran aku. Terserah orang mau bilang apa, yang jelas bagi aku vivi itu segalanya yang harus aku pertahanin Karena aku percaya susah menemukan perempuan seperti dia, yang mau mengerti semua kekurangan dan kelebihan aku.
READ MORE - Inilah Jawabannya

28 Sep 2011

Ilmu Itu Abu-Abu

“Kan ngga baik, ngapain sih belajar kayak begitu (belajar mencari celah dalam security wall, software , dll atau bisa dibilang belajar hack)?”

Kalimat diatas menjadi inti dari postingan kali ini.

Postingan kali ini bukan membenarkan karena memang tidak ada yang salah, bukan juga menyalahakan karena memang tidak ada pihak yang benar.

Sayang sekali rasanya kalau mendengar kalimat diatas tadi. Kalau ditanya salah ngga pernyataan diatas, ya Cuma bisa diam. Karena salah atau benar itu Cuma masalah pandangan orang. Dan pandangan orang beda-beda.

Kalau menurut pandangan aku sih gini :

Semua ilmu itu ngga baik, juga ngga buruk, ngga hitam juga ngga putih. Ilmu ya ilmu aja ngga punya sifat, jadi kayak gitu.

Nah sekarang aku balik tanya. Kalau belajar nuklir gimana? Baik apa buruk. Si alfred Nobel penemu dinamit itu baik apa ngga?

Nah kan bingung, mau dibilang baik nyatanya ada buruknya juga. Lihat nuklir, nuklir bisa jadi hal yang menguntungkan bagi manusia, tapi disaat yang sama coba lihat nagasaki sama hirosima.

Dinamit punyanya si Nobel juga sama kan.


Sekali lagi ilmu itu ngga baik juga ngga buruk, baik atau buruknya ilmu itu kan balik lagi ke kitanya, si manusianya, mau dipakai buat apa ilmu itu.


Jadi jangan bilang lagi ilmu itu ngga baik lah, salah lah. Kalau pun salah, ngga baik itu karena kitanya bukan ilmunya.

READ MORE - Ilmu Itu Abu-Abu

13 Sep 2011

Kuliah moment yang tepat untuk bangkit

Curhat lagi ya.

Aku rasa kuliah waktu yang tepat untuk bangkit dari semua keterpurukan selama ini. Kenapa kerterpurukan ??? karena jelas bahwa prestasi akademikku selalu turun dan fluktuaktif selama 6 tahun ini. 6 Tahun, berarti itu di SMP dan SMA.

Entah apa penyebab pastinya yang pasti ini semua harus diubah. Walaupun nyatanya masuk SMP dan SMA yang cukup favorit tetapi tetap saja aja perasaan bahwa itu bukan hasil terbaik yang harusnya dicapai. Tapi itulah hasil dari semua usaha selama ini.
Kalau kata mereka



Kak Novell :

Sadar ngga prestasi kamu turun semenjak masuk SMP sampai SMA, padahal yang aku tau dulu di SD selalu masuk 10 besar.


Kak Nia :

De, jangan banyak pikiran dulu deh masih kecil, urusin sekolah aja dulu yang bener tuh lihat nilai naik turun terus.


vivi :

kok aku lihat raport kamu nilainya naik turun....gara-gara aku ya.


Ok tadi sedikit kata-kata dari orang terdekat... ada benarnya juga tapi ya sudah lah udah terjadi ini. Mungkin karena katanya usia SMP – SMA itu lagi nyari jati diri...tapi tetap aja itu ngga bisa dijadiin alasan.

Terkadang aku membuat alasan untuk melawan mereka yang berbicara seperti itu walaupun aku tahu bahwa tidak ada alasan untuk itu semua. Aku juga menyadari bahwa harus berubah, namun ternyata tidak mudah. Karena itulah kuliah ini moment terbaik untuk bangkit. Terlebih jurusan ini adalah jurusan yang aku pilih sendiri....tidak boleh ada alasan lagi untuk hal-hal seperti itu tadi
READ MORE - Kuliah moment yang tepat untuk bangkit

30 Agt 2011

Postingan Terakhir di Jakarta

Mungkin inilah postingan terakhir dari jakarta. Karena apa ??? Saatnya pindah ke Yogya, untuk kuliah tentunya.

Dibilang berat sebenarnya ngga juga, dibilang ringan sebanarnya ada perasaan yang ganjel juga. Tapi ya udahlah ini keputusan final yang udah dibuat.


Agak berat mungkin karena udah lebih dari 17 tahun tinggal di jakarta ini. Terlebih apa yang akan ditinggalin disini, Mulai dari keluarga, anak-anak Creative Idea, temen sekolah mulai dari SD sampai SMA, dan pastinya vivi. Sebenarnya masih ada banyak lagi.


Ok soo aku Cuma mau bilang terimakasih


Terimakasih untuk Creative Idea Team, yang selama ini udah bimbing.
Terimakasih untuk temen-temen sekolah yang selama ini udah mau mengenal dan mengerti.
Terimakasih untuk guru-guru sekolah yang selama ini udah ngajar.
Makasih juga buat vivi yang lebih dari 4 tahun udah mau jadi pendamping yang baik, setia dan pengertian dengan segala kekurangan yang aku punya.

Selanjutnya ucapan maaf (mumpung mau lebaran sekalian aja)

Maaf buat C.I karena telah banyak disusahkan.
Maaf buat temen-temen sekolah dan guru-guru karena pastinya banyak kesalahan yang telah diperbuat sadar apa ngga sadar.
Maaf buat vivi karena aku belum bisa jadi seperti yang kau minta (lagi dengerin lagu alm chirsye) dan masih sering buat kamu nangis.

Mohon Maaf Lahir dan Batin....

apa lagi ya ???


Oh iya ada pesan nih


Buat temen-temen sekolah nanti kalau udah sukses jangan sombong ye.
Buat C.I tetep solid dan jangan bubar gara-gara aku vakum bentar (cuma untuk beberapa tahun kok).
Buat Vivi.... bagian yang paling susah ini nih.
Buat Vivi tunggu aku dijakarta mu (lagi dengerin lagu SO7), I love you. You said distance mean nothing for us but still... I realize how much I love you now. And I will come in july or june ya kalau ada pameran komputer tentunya hahaha.

Udah ah postingan kali ini...



 “Akan selalu ada suatu keadaan, kenangan dan orang-orang tertentu yang pernah singgah dalam hati kita dan kita pun tidak akan pernah sama lagi seperti kita yang sebelumnya” 


READ MORE - Postingan Terakhir di Jakarta

24 Agt 2011

Menjawab : Kenapa Harus di luar kota ???

Plato dalam tulisan Republic nya pernah menceritakan orang-orang goa. Intinya yang diceritakan bahwa

“ Orang kalau sudah merasa aman, nyaman ngga akan berani keluar dari batas aman dan nyamannya. Mungkin mereka bahagia, tapi bahagia mereka kosong”

(pendapat yang punya blog)

Ok atas dasar itu lah kenapa diriku ini lebih milih kuliah di luar kota.

Yup, alasan yang cukup sederhana cuma mau keluar dari garis batas nyaman, aman selama ini.
Berusaha untuk melihat dunia yang lain.Berusaha mencoba hal yang baru.

Toh selama itu ngga membahayakan hidup ini dan ngga menggagu orang lain kenapa ngga kan ???
READ MORE - Menjawab : Kenapa Harus di luar kota ???

20 Agt 2011

Project Pop - Indovers

Project Pop - Indovers

sodaraku sebangsa dan setanah air
sampaikan dulu salam di tanah kami lahir

kami disini rindu sekali
untuk bisa kembali berkumpul lagi

sayang sepertinya kami belum bisa pulang
sayang sepertinya kami masih harus berjuang

harap mengerti kami pun sedih
rindu makan nasi lauk sambel terasi

sodaraku sebangsa dan setanah air
jika saja mungkin kamu yang datang mampir
bawakan kami kue serabi
atau apa saja buatan ibu Asti

ingin lihat lagi balapan di jalan raya
ingin denger gosip artis atau siapa saja
apa yang terjadi cium tangan kami
sekarang di sini

dimanapun aku berpijak
tak kenal hati beranjak
merindukan hangatnya rasa bersamamu
 
tiada lebih yang seindahmu
hadirkan banyak kisah cinta

damai dan jayalah selalu indonesia

sodaraku sebangsa dan setanah air
di sini kami bangga jika kami dapat mengibarkan
sang merah putih ke langit tinggi
tidak hanya jadi rutinitas upacara
tapi rasa bangga sebagai seorang anak bangsa

itu benderaku merah darahku putih tulangku

sodaraku yang jauh di tanah air
dukungan doaku bagi kami sangat berarti
semoga kami di sini takkan sia-sia
semoga saja nanti kami jadi lebih sakti
antarkan bangsa ini ke tempat lebih tinggi

hei lihatlah nanti kami kembali buktikan janji

bayu terpa daun melambai (melambai-lambai) 
indah ayunan nyiur di pantai (nyiur di pantai)
rasa kalbu berbisik cinta (berbisik-bisik)
raja kelana (raja kelana)
memuja pulau nan rupawan (memuja pulau)
ibu pertiwi indah permai (nan indah permai)
ku cinta kau tanah airku (tanah airku)
indonesia (indonesia)
melambai-lambai nyiur di pantai
berbisik-bisik raja kelana
memuja pulau nan indah permai
tanah airku indonesia


masih dalam suasana 17 Agustus...sebuah lagu selain lagu benderanya coklat
lagu dari project pop yang judulnya indovers
READ MORE - Project Pop - Indovers

17 Agt 2011

Selamat Hari Kemerdekaan Negaraku, Indonesia ke 66

Indonesiaku, dengan segala permasalahan dan keruwetannya. Indonesiaku dengan segala keindahan dan keunikannya.

Banyak hal yang harus dikagumi dari Indonesiaku. Banyak pula yang kumalu tentangmu.


Dari Sabang sampai Marauke, dari Miangas sampai Rote, begitu luasnya Indonesiaku. 


Mulai dari gayo sampai Asmat, Mulai Dari Batik sampai Songket, begitu banyaknya suku bangsa, begitu banyaknya kebudayaanmu.


66 tahun bukan usia yang muda bukan juga usia yang tua untuk sebuah negara. 


Pertanyaannya adalah sudah lebih baikkah dari 65 tahun yang lalu kita.


Pertanyaannya adalah mau kah kita menjadi lebih baik lagi.


Selamat Hari Kemerdekaan ke 66 negaraku Indonesia.

READ MORE - Selamat Hari Kemerdekaan Negaraku, Indonesia ke 66

13 Agt 2011

Kritik itu saran atau serangan.

Kritik itu sebenarnya saran apa serangan atau kecaman???

Dimana posisi kritik itu sekarang??? 


Kecamankah? Serangankah? Atau saran.


Susah untuk menilai suatu kritikan. 


Kritik itu kita anggap sebagai saran, jika tidak terlalu keras dan frontal.... Untuk jenis kritik yang satu ini yang sebagai saran pasti sikap kita hanya diam, mengagguk dan berniat dalam hati untuk lebih baik lagi.


Kritik itu kita anggap sebagai kecaman dan serangan, jika terlalu keras....oh ternyata untuk jenis yang satu ini kita langsung membuat pembelaan bahkan membuat alasan-alasan. Saking sibuknya kita membuat pembelaan dan alasan-alasan itu sampai kita lupa hal lain yang lebih berguna untuk dilakukan.


Toh kritik itu menjadi serangan atau kecaman atau saran, ya tergantung bagaimana kita menyikapinya...ya yang jelas kalau kita menganggap kritik itu saran atau serangan ya yang kita akan lakukan yang seperti diatas.


Tapi ya tolong yang mengkritik juga tau diri...

READ MORE - Kritik itu saran atau serangan.

11 Agt 2011

Cloud Forumnya Indonesia

Para pelaku industri komputasi awan alias cloud computing di Indonesia, kini punya wadah khusus untuk menyalurkan aspirasinya di dunia maya melalui situs komunitas Indonesian Cloud Forum (i-Cloud Forum) yang beralamatkan di www.indonesiacloud.org.

Forum yang digagas oleh praktisi senior telematika, Teguh Prasetya, beserta Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi (LPPMI) ini, diresmikan langsung oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Ashwin Sasongko.

"Kominfo mendukung penuh dibentuknya forum komunitas cloud ini. Suara dari komunitas akan menjadi masukan berharga bagi kami dalam membuat regulasi telematika yang kondusif," kata Ashwin di hadapan seluruh stakeholder industri cloud yang hadir di acara Indonesian Cloud Forum: Welcoming the Cloud Era, di Upperrom, Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (25/5/2011).

Latar belakang dibentuknya forum ini tak lain dari keinginan untuk menghidupkan ekosistem cloud computing di Indonesia, dimana setiap organisasi yang tergabung di dalamnya dapat bekerja sama untuk mengadopsi layanan-layanan cloud computing untuk diimplementasikan pada industri yang lebih luas.

Menurut Teguh, i-Cloud Forum mengemban misi utama sebagai organisasi yang netral dan terbuka bagi pemilik teknologi maupun konsumen yang didedikasikan untuk mendukung implementasi dan keberhasilan industri komputasi awan di Indonesia.

"Untuk mencapai hal tersebut i-Cloud akan menggunakan forum terbuka, baik secara fisik maupun virtual, untuk memfokuskan diri pada pada pembangunan konsensus masyarakat, eksplorasi tren terbaru, best practice ataupun referensi arsitektural untuk keperluan standardisasi cloud computing di Indonesia," papar mantan petinggi salah satu operator seluler ini.

Dengan menggabungkan kekuatan dari komunitas vendor, industri, serta konsumen secara bersama-sama dalam suatu forum terbuka, maka i-Cloud Forum ini diharapkan akan mendorong interoperabilitas dan integrasi antara anggota organisasi.

"Proses ini nantinya akan difasilitasi oleh sebuah forum virtual, seminar dan workshop rutin. Seluruh aktivitas i-Cloud Forum juga akan diperkuat dengan adanya web forum yang memungkinkan komunikasi dalam antara anggota terjalin lebih komprehensif," Teguh menjelaskan.

Direktur LPPMI Kamilov Sagala menambahkan, sebagai sebuah paradigma baru dan belum menemukan bentuk bakunya, cloud computing menawarkan berbagai keuntungan sekaligus juga sejumlah resiko, terutama yang terkait dengan IT Service Management. Meskipun demikian, lanjutnya, kehadiran komputasi awan tidak bisa dihindari lagi.

"Untuk meminimalkan resiko-resiko tersebut, perlu sebuah upaya untuk membuat sejumlah standar terhadap layanan berbasis cloud computing ini. Lahirnya i-Cloud Forum, diharapkan dapat mengisi ruang tersebut, dimana seluruh pemangku kepentingan, vendor , user, analis dan regulator dapat bertemu serta berdiskusi untuk mendapatkan model adopsi terbaik terhadap paradgma ini," katanya.

Perlu diketahui, teknologi cloud computing sudah menjadi tren global. Bahkan perusahaan sekelas Google, Microsoft, dan sejumlah raksasa teknologi lainnya, turut bertarung memperebutkan pasar ini.

Menurut data riset Gartner pasar global cloud computing akan mencapai US$ 150 miliar dalam kurun tiga tahun mendatang. Bahkan dalam dua tahun mendatang diperkirakan, sekitar 80% dari perusahaan kelas atas di dunia akan memanfaatkan cloud computing untuk meningkatkan daya saingnya.

Di Indonesia sendiri, pasar cloud computing tahun ini diperkirakan mencapai Rp 2,1 triliun. Pemicunya tak lain adalah maraknya penggunaan internet dan majunya kecepatan komputasi sehingga mampu mengubah cara perusahaan mengantarkan layanannya kepada para pelanggan.

Namun di balik peluang-peluang baru yang ditawarkan oleh cloud computing, ternyata ada sejumlah tantangan yang dihadapi. Apalagi, para pemainnya tidak sebatas hanya pada perusahaan berbasis teknologi informasi, tetapi juga operator telekomunikasi.

Untuk alasan itu pula, i-Cloud Forum digagas untuk menjembatani kepentingan semua pihak, dari penyelenggara cloud computing hingga pengguna, agar memiliki persepsi yang sama dalam mengembangkan inovasi ini, serta mengetahui hambatan yang dijalani dalam pengimplementasiannya.

Sedangkan dari sisi regulator pun akan didengar masukannya agar para pelaku usaha nantinya tidak menjadi tergagap dengan adanya regulasi yang dikeluarkan berkaitan dengan cloud computing di masa mendatang.

dikutip dari situs kemenkominfo
READ MORE - Cloud Forumnya Indonesia

4 Agt 2011

CyberWar (Part I)

Juni 2011 lalu, Gedung Putih merilis kebijakan dunia maya resmi internasional. Pentagon berencana untuk melepaskan doktrin resmi untuk penggunaan cyberweapons segera.

Perkembangan ini, bersama dengan penemuan musim panas lalu dari worm Stuxnet di Iran dan awal dari sebuah Cyber Command militer di Amerika Serikat, telah membawa konsep cyberwar ke level tertinggi yang pernah menonjol.

Namun, meski mengkhawatirkan selama lebih dari 20 tahun, cyberwar jarang dipraktekan, salah diartikan, bahkan dianggap bukan ancaman besar seperti nuklir.

Tidak seperti perang biasanya, Cyberwar tidak menyebabkan kerusakan yang serius.
Ada banyak negara yang memiliki senjata nuklir daripada yang memiliki kemampuan kuat ofensif cyberwar yang dibutuhkan untuk menyebabkan bahaya serius, meskipun cyberattacks jauh lebih sedikit memerlukan keahlian teknis dan investasi keuangan daripada bom atom.

Bahkan di antara para ahli, definisi sangat cyberwar bervariasi.

Richard Clarke, penasihat khusus mantan presiden pada cybersecurity, telah menyatakan bahwa setiap upaya untuk menembus sistem komputer negara merupakan cyberwar.

Namun, Howard Schmidt, pejabat cybersecurity saat ini, mengatakan cyberwar itu tidak ada karena tidak ada penjelasan yang jelas dari cyberattacks untuk menjadi serangan seperti halnya serangan pada perang biasa.

Kebanyakan ahli mendefinisikan cyberwar sebagai sebuah serangan dari dunia maya / internet / komputer yang menyebabkan bahaya di dunia nyata.

Berdasarkan definisi ini, cybervandalism, seperti menjatuhkan sebuah situs web pemerintah , dan cyberespionage, seperti hacking ke dalam komputer untuk mencuri rahasia negara , tidak akan merupakan cyberwar.

"Cyberwar harus memenuhi ambang batas yang sama kita akan memegang perang lain," kata James Lewis,direktur teknologi dan kebijakan publik di Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington, DC "Harus ada kerusakan fisik, dan harus ada korban," tambah Lewis. "Jika tidak ada, itu bukan serangan, dan tidak perang."

Saat ini, AS, Israel, Inggris, Cina dan Rusia adalah negara-negara hanya dengan membuktikan kemampuan cyberattack baik pertahanan maupun penyerangan. Perancis, Jerman, Iran dan Korea Utara dan 30 negara lainnya, baik kaya dan miskin, telah mulai membangun jenis-jenis program dalam militer mereka sendiri dan organisasi intelijen untuk menangantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Hacktivist" kelompok-kelompok seperti Lulzsec dan Anonim , atau berbagai kejahatan terorganisasi kelompok yang menggunakan malware untuk membuat uang, tidak memiliki kemampuan untuk meluncurkan serangan yang bahkan akan mendekati ambang cyberwar.

"Seorang hacker 14 tahun tidak bisa melakukan kerusakan pada suatu negara. Dibutuhkan infrastruktur dan kemampuan yang lebih untuk melakukan ini," kata Sami Saydjari, ketua Profesional untuk Cyber Pertahanan, sekelompok pakar keamanan yang menggambarkan misi itu sebagai "untuk menganjurkan, menyarankan dan muka suara maya kebijakan pertahanan untuk Amerika Serikat. "

"Tetapi bahkan sebuah negara Dunia Ketiga memiliki kemampuan untuk melakukannya," kata Saydjari. "Sejumlah kelompok telah melakukan analisis atau serangan pura-pura, dan kami menemukan itu memakan waktu sekitar tiga tahun dan setengah miliar dolar untuk melakukan kerusakan strategis."

Terorisme 

Di daerah abu-abu antara negara dan penjahat jatuh kategori yang paling hangat diperdebatkan: organisasi teroris.

Teroris memiliki keinginan untuk melancarkan serangan yang akan memenuhi syarat sebagai cyberwar, namun saat ini tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya. Pertanyaan apakah mereka akan mengembangkan kemampuan untuk membuat cabang organisasinya yang capable melalukan cyberattack.

Ketakutan negara-negara terhadap cyberwar akan meningkatkan anggaran untuk membuat cyberdefense yang lebih baik lagi.

dikutip dari life science
READ MORE - CyberWar (Part I)

27 Jul 2011

Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati tapi Lebih Mudah Untuk Mengobati daripada Mencegah.

Mencegah memang lebih baik tapi mengobati ternyata lebih mudah. Itulah yang kita lakukan selama ini. Hampir disetiap hal, setiap hal di kehidupan kita nyatanya hal ini lah yang kita lakukan. Jika slogan ini kita artikan dalam hal kesehatan maka memang banyak orang yang lebih memilih untuk mengobati ketimbang mencegah.

Lihat betapa banyaknya orang indonesia sekarang berpenyakit diabetes, lebihnya lagi betapa banyaknya mereka keluar masuk rumah sakit. Perkara penyakit mereka padahal sederhana, sangat sederhana sampai kita menyepelekannya. Gula. Ok, kalau sesederhana itu yang patut dipertanyakan adalah kenapa banyak mereka yang sakit bahkan malah sampai keluar masuk rumah sakit. Bukannya dengan mengurangi makan makanan manis dan menjauhi larangan dokter penyakit mereka tidak menjadi terlalu parah.


Oh, ternyata susah untuk mencegah, susah untuk terkadang menahan diri dari godaan untuk tidak melakukan yang dilarang itu. Ternyata lebih gampang mengobati daripada mencegah.


Kenyataan yang miris tapi itulah kita. Dan ini tidak berhenti dalam hal seperti kesehatan saja. Ternyata hampir disemua hal kita pakai slogan itu.


Lebih mudah memecahkan suatu masalah daripada mencegah masalah itu terjadi. Itulah kenapa kita selalu terlibat dalam masalah yang sama dalam waktu yang sangat singkat


Lebih mudah menangkap penjahat daripada mencegah keejahatan itu sendiri. Itulah kenapa walaupun sudah banyak penjahat yang ditangkap tapi angka kejahatan tetap disitu-situ saja


Ya itulah Lebih baik mencegah daripada mengobati tapi lebih mudah untuk mengobati daripada mencegah. Memang yang lebih baik belum tentu lebih mudah, dan tidak pernah ada yang berkata  yang lebih baik itu akan lebih mudah. Toh akhirnya kita akan lebih memilih yang lebih mudah, dan hasilnya itulah kita yang sekarang.

READ MORE - Lebih Baik Mencegah Daripada Mengobati tapi Lebih Mudah Untuk Mengobati daripada Mencegah.

12 Jun 2011

Sebuah Tanya

Judul Sebenarnya dari puisi ini itu Sebuah Tanya tapi banyak orang yang menanggap judulnya cahaya bulan apalagi mereka yang cuma menonton filmnya.

Sebuah Tanya
karya : Soe Hok Gie

Akhirnya semua akan tiba
pada suatu hari yang biasa
pada suatu ketika yang telah lama kita ketahui


Apakah kau masih berbicara selembut dahulu
memintaku minum susu dan tidur lelap
Sambil membenarkan letak leher kemejaku


kabut tipis pun turun pelan-pelan
di lembah kasih, lembah mandalawangi


kau dan aku tegak berdiri
melihat hutan-hutan yang menjadi suram
meresapi belaian angin yang menjadi dingin


Apakah kau masih membelaiku semesra dahulu
ketika kudekap kau
dekaplah lebih mesra, lebih dekat


lampu-lampu berkelipan di jakarta yang sepi
kota kita berdua, yang tua dan terlena dalam mimpinya


kau dan aku berbicara
tanpa kata, tanpa suara
ketika malam yang basah menyelimuti jakarta kita


Apakah kau masih akan berkata
kudengar derap jantungmu


kita begitu berbeda dalam semua
kecuali dalam cinta


hari pun menjadi malam
kulihat semuanya menjadi muram
wajah-wajah yang tidak kita kenal berbicara
dalam bahasa yang kita tidak mengerti
seperti kabut pagi itu


Manisku, aku akan jalan terus
membawa kenangan-kenangan dan harapan-harapan
bersama hidup yang begitu biru


Disunting dari catatan hariannya Soe Hok Gie
READ MORE - Sebuah Tanya

14 Mei 2011

Radiohead – Creep (acoustic Version)

Biar lebih kena ni lagu dengerin versi akustiknya dan dalemin arti lagunya
Lyric Radiohead – Creep (acoustic version)
When you were here before
Couldn't look you in the eye
You're just like an angel
Your skin makes me cry
You float like a feather
In a beautiful world
I wish I was special
You're so fucking special

But I'm a creep
I'm a weirdo
What the hell am I doing here?
I don't belong here

I don't care if it hurts
I want to have control
I want a perfect body
I want a perfect soul
I want you to notice when I'm not around
You're so fucking special
I wish I was special

But I'm a creep
I'm a weirdo
What the hell I'm doing here?
I don't belong here

She's running out again
She's running out
She runs runs runs

Whatever makes you happy
Whatever you want
You're so fucking special
I wish I was special

But I'm a creep
I'm a weirdo
What the hell am I doing here?
I don't belong here
I don't belong here

Itu tadi lyricnya sekarang arti lyricnya (bukan terjemahannya ya)

When you were here before, : berada di mana kau sebelumnya, apakah sebelumnya kau berada di dekatku

Couldn't look you in the eye: kau hanya melihatku dari luarnya saja, seseorang itu tidak dilihat dari luarnya saja tetapi dari hati

You're just like an angel, : kau cantik anggun sempurna layaknya malaikat

Your skin makes me cry: tetapi perbedaannya membuat aku menangis, malaikat itu peduli orang-orang aneh macam diriku, sedangkan kau tidak pernah peduli

You float like a feather: kau seperti sesuatu yang sangat indah yang mengapung di langit, hidupmu penuh kebahagiaan, sedangkan lihatlah orang seperti aku ini, jauh berada di dasar bumi, mengharapkan orang lain berbelas kasihan dan peduli

In a beautiful world: di dunia yang indah ini, dan aku bersyukur Tuhan masih membimbing orang sepertiku, karena aku tahu Tuhan sangat sayang kepadaku

I wish I was special: aku berharap aku ini istimewa di matamu

You're so very special: kau ini gadis yang teramat istimewa bagiku

But I'm a creep, : dan tetapi aku ini orang yang dianggap aneh, aku ini orang yang dibenci karena keanehanku

I'm a weirdo: aku ini orang yang dianggap tak waras atau sangat aneh

What the hell am I doin' here? : jadi buat apa aku berada disisimu karena aku ini aneh

I don't belong here: aku tidak pantas berada disini, berada di hatimu

I don't care if it hurts, : aku tidak peduli walaupun orang-orang terus menyakitiku, walaupun mereka mencemoohku, walaupun mereka menertawakan aku, aku bahkan tidak peduli jika kau yang menyakiti aku

I wanna have control: sebab aku sudah terbiasa dengan rasa sakit itu, aku terbiasa menahannya, aku terbiasa…

I want a perfect body: aku ingin menjadi apa yang keluargaku, teman-temanku serta sahabatku inginkan , aku ingin sempurna dimata mereka, aku ingin membuat mereka bahagia

I want a perfect soul: aku ingin mencintai mereka sepenuh hati, tanpa kepura-puraan apapun

I want you to notice: aku ingin suatu saat ketika sudah tua nanti seandainya aku sudah hidup bersamamu kau mengingatku

when I'm not around: jika aku sudah tidak ada disisimu kelak, jika aku sudah berada di pangkuan Tuhan

You're so very special: kau tetep seseorang yang sangat istimewa di mataku, sepanjang hayatku

I wish I was special: aku pun berharap aku ini istimewa bagimu walaupun aku ini aneh

But I'm a creep: tapi kau tahu aku ini orang yang aneh, aku dibenci karena keanehanku

I'm a weirdo: aku ini orang yang aneh, tak waras, kaupun tahu itu

What the hell am I doin' here? : jadi seperti yang kau dan orang-orang anggap buat apa aku berada disisimu

I don't belong here, ohhhh, ohhhh: aku tidak pantas berada disana, di tempat yang indah bersamamu, oh Tuhan ingin rasanya aku menangis

She's running out again: oh Tuhan dia berlari pergi dari hidupku

She's running out: dia terus menghindar dariku karena aku aneh

She run run run run… : oh Tuhan dia terus menghindar pergi dari hidupku, Tuhan beri aku kekuatan

run... run... : rasanya aku ingin berteriak dan aku ingin menangis di pangkuanmu Tuhan karena dia terus berlari menjauh dariku sebab aku ini aneh

Whatever makes you happy: apapun yang bisa membuatmu bahagia, apapun itu…

Whatever you want: apapun yang kau inginkan aku pasti akan berusaha mewujudkannya, aku akan berusaha keras aku akan berkorban demi kamu

You're so very special: sebab kau teramat berharga untukku, kau istimewa bagiku

I wish I was special: aku berharap aku juga istimewa di dalam hidupmu, ya meski kutahu aku ini aneh dan itu mustahil

But I'm a creep, : tapi kau tahu….. ini orang aneh, aku ini dibenci karena keanehanku

I'm a weirdo: aku ini orang yang tidak waras, aneh

What the hell am I doin' here? : jadi memang benar apa yang kau dan orang lain anggap, aku tak pantas berada di dalam hidupmu

I don't belong here: aku sungguh tak pantas berada di dalam hidupmu,

I don't belong here... : benar aku tidak pantas berada disisimu, semoga kau menemukan orang yang akan mencintaimu sepenuh hati, semoga kau bahagia dengannya, selamat tinggal

Menurut informasi dari wikipedia Thom yorke terinspirasi lagu ini dari sahabatnya, tapi ada desas-desus kalau lagu ini menceritakan pengalaman hidup Thom yorke sendiri, apakah agan-agan tahu kalau mata Thom yorke gak normal? Jadi mungkin dia menganggap dirinya sendiri aneh

Disarankan mendengarkan versi akustiknya.

(sumber terjemahan : egi_david idws forum)
READ MORE - Radiohead – Creep (acoustic Version)

27 Mar 2011

SUPERCOMPUTER

Titan Supercomputer (PhysOrg.com)
Seperti yang kita tahu super komputer adalah komputer yang dibuat khusus untuk tujuan tertentu misalnya untuk keperluan perhitungan, militer dan lain-lain. Super komputer terdiri dari perangkat (hardware) seperti pada komputer umum lainya, hanya saja hardware-hardware tersebut dijadiakan satu untuk memperoleh kinerja komputer yang lebih baik.

Tentunya membangun sebuah superkomputer tidaklah mudah, dibutuhkan setidak-tidaknya lebih dari 50 orang yang ahli dalam hardware, software dan proggraming.

Berikut ini adalah contoh superkomputer yang pernah dibuat (sumber top500.org, PhysOrg.com)

RankKomputerPeak

speed
Lokasi
1Titan*20 PFLOPS*Cray computer (Oak Ridge National Laboratory), Tennessee, Amerika Serikat*
2Tianhe-IA2.566 PFLOPSNational Supercomputing Center, Tianjin, China
3Jaguar - Cray XT5-HE1.759 PFLOPSDOE/SC/Oak Ridge National Laboratory, Amerika Serikat
4Nebulae - Dawning TC3600 Blade1.271 PFLOPSNational Supercomputing Centre in Shenzhen (NSCS), China
5TSUBAME 2.01.192 PFLOPSGSIC Center, Tokyo Institute of Technology, Jepang
6Hopper1.054 PFLOPSLawrence Berkeley National Laboratory, Amerika Serikat
7Tera-1001.05 PFLOPSFrench Atomic Energy Commission, Perancis
8Roadrunner1.042 PFLOPSLos Alamos National Laboratory, Amerika Serikat
9Kraken XT5831700 GFLOPSUniversity of Tennessee (Oak Ridge National Laboratory), Amerika Serikat
10JUGENE825500 GFLOPSForschungszentrum Juelich, Jerman
* Titan merupakan superkomputer yang baru dibuat dan tahap pertamanya baru akan selesai pada akhir tahun 2011, tidak menutup kemungkinan jika peak speed akan berubah nantinya.

Itulah superkomputer yang tercepat yang ada didunia ini, tapi kira-kira kapan Indonesai bisa membuat superkompuernya sendiri ya ???
READ MORE - SUPERCOMPUTER

6 Mar 2011

Cinta : Dari Mata Turun ke Hati

Dari mata turun ke hati. Tampaknya kata-kata tersebut terbukti benar. Tidak jarang orang yang jatuh cinta karena hal ini.

Hasil studi terbaru mengungkapkan, rata-rata pria hanya memerlukan waktu 8,2 detik untuk jatuh cinta pada pandangan pertama. Sebaliknya, jika kurang dari empat detik sang pria telah mengalihkan pandangannya, artinya dia tak tertarik pada wanita tersebut.


Faktanya, memang semakin lama seorang pria memandang wanita, maka akan lebih besar rasa ketertarikan yang muncul. Demikian dilansir Times of India.

Namun lain halnya dengan wanita karena sulit untuk ditebak. Wanita masih bisa menyembunyikan perasaannya. Meskipun tak menyukai tatapan seorang pria wanita bisa bertahan untuk menatap balik lawannya hingga waktu yang sama pada pertemuan pertama.

Berdasarkan penelitian itu, untuk menarik perhatian wanita, pria sering melakukan kontak mata untuk mengetahui kecocokan dengan sang  incarannya. Sedangkan wanita jarang melakukan kontak mata dan lebih hati-hati bersikap dan tidak mudah untuk jatuh cinta.


Para peneliti melakukan dengan menggunakan kamera tersembunyi untuk merekam aktivitas 115 murid ketika saat berbicara dengan pujaannya. Setelah itu, responden yang tertangkap kamera akan dimintai pertanyaan untuk menilai ketertarikan lawan bicara.


Hasilnya, rata-rata pria akan menatap pujaannya yang mereka anggap menarik secara dalam selama 8.2 sec Namun ketika lawan bicara tidak menarik, hanya dalam 4,5 detik mereka langsung mengalihkan pandangannya
 
READ MORE - Cinta : Dari Mata Turun ke Hati

9 Feb 2011

Objektif atau Subjektif

Lebih baik yang mana, objektif atau subjektif ??? Pertanyaan yang sekilas terlihat sepele tapi jika ini dikaitkan dengan kehidupan kita arti dan dampaknya sangat besar.

Setiap orang pasti pernah bersikap objektif dan pernah juga bersikap subjektif. Tapi pertanyaanya lebih cenderung yang mana, lebih sering yang mana kita lakukan. Pertanyaan yang hanya bisa dijawab diri kita masing-masing.

Yang jelas jika kita bersikap objektif maka kita akan mengorbankan perasaan kita sendiri. Kenapa dikatakan mengorbankan perasaan kita sendiri ? Karena pada saat kita bersikap objektif yang kita dahulukan adalah logika bukan perasaan. Saat kita objektif kita menyingkirakan ego kita. Jadi dengan kata lain kita tidak mempedulikan perasaan kita saat bersikap objektif.

Saat bersikap subjektif yang terjadi adalah sebaliknya. Kita lebih mendahulukan perasaan kita daripada logika. Kita mendahulukan ego, mendahulukan keinginan kita sendiri. Saat kita medahulukan ego dan perasaan kita maka sering tanpa sadar kita secara tidak langsung atau secara langsung menyakiti perasaan orang lain. Dengan kata lain kita mengorbankan perasaan orang lain.

Intinya mau objektif atau subjektif yang penting dilakukan pada waktunya, pada tempatnya dan dilakukan dengan seimbang.
READ MORE - Objektif atau Subjektif