19 Mar 2010

RAMALAN ATAU PERKIRAAN CUACA

Seberapa pentingkah ramalan/perkiraan cuaca bagi anda?? Mungkin bagi anda yang beraktivitas didalam ruangan, kurang begitu penting tapi mereka yang beraktivitas di alam terbuka hal ini menjadi sangat penting cuaca bisa menghambat atau membantu aktivitas mereka. Hal yang tidak mengejutakan lagi jika ramalan/perkiraan cuaca kurang begitu penting di Negara ini. Kebanyakan dari mereka tidak dan kurang peduli akan hal ini.

Banyak penyebab mereka menganggap ramalan / perkiraan cuaca tidak/kurang penting. Mungkin karena mereka tidak beraktivitas di dalam ruangan atau karena mereka kesal ramalan/perkiraan cuaca yang tidak benar. Mungkin juga karena sedikitnya program khusus / segmen khusus pada mass media untuk hal ini.

Kalau boleh kita melihat Negara-negara yang maju, laporan cuaca mempunyai bagian khususnya sendiri dalam mass media disana. Dengan kata lain orang-orang disana selalu siap sedia jika ada hujan / salju/ badai atau fenomena alam lainnya dan makanya ada peribahasa sedia payung sebelum hujan. Nah mari tengok negara kita sekarang. Hal yang terjadi di negara ini adalah sebaliknya. Ramalan / perkiraan cuaca hanya sebagai bahan sampingan.

Sebenarnya lebih tepat jika kita katakan itu perkiraan cuaca bukan ramalan cuaca. Karena dari bahasa saja sudah terlihat ramalan itu sesuatu yang kebenarannya diragukan, sedangkan perkiraan cuaca itu kebenarannya sudah hampir benar. Jadi tidak heran jika banyak dari kita yang tidak percaya dan kesal karena ramalan cuaca tidak benar, ya namanya juga ramalan lebih banyak tidak benarnya bukan.

Kebanyakan dari kita menyepelekan cuaca, misalnya jika pada pagi hari terlihat cerah ada sinar matahari maka dengan cepat kita mengambil kesimpulan bahwa hari itu seharian tidak akan hujan. Padalah nyatanya sebaliknya, nah kebanyakan dari kita jika hal ini terjadi bukannya instropeksi diri malah menggerutu “dasar Indonesia,cuaca saja tidak menentu.” dan malah marah sendir karena kehujanan.

Padahal jika kita melihat perkiraan cuaca hal itu tidak terjadi. Jadi mulai biasakan dari sekarang lihat perkiraan cuaca dulu sebelum berpergian jangan menyimpulkan cuaca sendiri. Jika ini dibiasakan maka tidak akan ada lagi gerutu dan marah-marah terhadap cuaca.

Tambahan ini ada link perkiraan cuaca yang kebenarannya bisa dipertanggung jawabkan. Silahkan di klik Link BMKG

1 komentar:

laura mengatakan...

hahhahah benre juga y

Posting Komentar