8 Mar 2010

3 Hal yang disayangkan dalam penanganan kasus century

Palu sudah diketuk, hasil sudah bulat bahwa ada masalah dalam kebijakan century. Yup, suatu pelajaran demokrasi bagi kita semua. Dalam tulisanini kita tidak akan membahas siapa yang benar atau salah, tapi kita akan membicarkan hala-hal yang disayangkan dalam penanganan kasus ini. Secara garis besar menurut saya ada 3 hal yang sangat disayangkan dalam hal ini.



  1. Sikap pemerintah
    Sikap pemerintah yang terkesan tidak tegas dan plinpan dalam mengambil keputusan apakah ada kesalahan atau tidak dalam kebijakan menjadi awal semua ini. Akhirnya kasus menjadi lebih pelik dan harus diselesaikan dalam rapat paripurna yang sarat akan perang kepentingan. Belum lagi sikap wakil rakyat kita saat sidang menjadi "rusuh" menambah kacau semuanya.



  2. Sikap mass media
    Oke yang kedua sikap mass media yang saya nilai terlalu membesar-besarkan masalah ini. Belum lagi jika ada acara debat/talkshow, moderator/presenter cenderung mengambil kesimpulan sendiri padahal kita sama-sama tahu bahwa dalam debat/ talkshow seorang moderator / presenter tidak boleh menyimpulakan sendiri, kesimpulan biarlah diserahkan pada audience sendiri. Tambah lagi asas penyajian berita yang berimbang sudah diabaikan membuat semuanya menjadi runyam.

    Entah apakah ini sikap "balas dendam" mass media kepada pemerintah yang pernah di kekang pada masa sebelumnya atau hanya cara mereka mencari dan mendapatkan rating lebih.



  3. Sikap masyarakat
    Yang terakhir tidak kalah penting, yaitu sikap masyarakat. Sikap masyarakat yang mudah terprovokasi sangat disayangakan. Entah kenapa atau sudah menjadi tradisi kita saat ada masalah pemerintah terutama masalah yang diseret ke dpr demo merupakan kegiatan rutin. Jika demo tidak rusuh dan tidak anarki maka tidak akan masalah tapi nyatanya setiap demo pasti diiringi dengan kerusuhan dan perusakan.

    Padahal jika satu persatu dari mereka ditanya apa masalahnya, maka saya yakin kurang dari 10% dari mereka yang tahu permasalahnya dari A-Z dari awal sampai akhir.

Akhirnya dari ketiga pihak diatas hanya ada satu pihak yang tersenyum lebar. Siapakah yang akan tersenyum lebar??? Ya, yang akan tersenyum lebar adalah mass media yang mendapat penghasilan lebih dan rating yang tinggi. Sementara pemerintah dan rakyat toh jatuhnya akan selalu kecewa…..(sept)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mass media itu kayak pisau bermata dua

Posting Komentar