3 Jan 2009

reume akhir tahun

Resume akhir tahun sangat penting artinya bagi beberapa orang.Di dalam resume tersebut mereka mengevaluasi diri mereka sendiri selama setahun apa saja yang telah mereka capai, kesalahan apa saja yang telah mereka lakukan, kegagalan apa saja yang telah terjadi dan cara mengatasinya untuk tahun berikutnya. Kurang lebih itulah isi resume beberapa orang. Resume akhir tahun juga member manfaat yang banyak dari kalangan pejabat, pengusaha sampai siswa untuk menjalani tahun-tahunnya dengan bermanfaat. 

Ini cerita tentang diri saya yang bisa dibilang hidup cukup teratur namun jika ada kesempatan lewat begitu saja. Pada awal tahun saya masuk sebuah SMP saya mendapat banyak kesempatan yang memang ingin saya capai, numun apakah sial atau apa saya tidak bisa memanfaatkan kesempatan tersebut. Sampai pada pengujung tahun saya tetap saja tidak bisa memanfaatkan kesempatan yang ada sampai-sampai saya frustasi karena hal ini.

Akhirnya tahun berganti dengan harapan baru saya memulai tahun tersebut namun apa yang saya dapat sama saja tiap kali ada kesempatan lewat begitu saja, paling sialnya pas ada kesempatan pencarian bakat untuk pelatnas junior yang selama ini memang cita-cita saya untuk menjadi seorang pemain bulutangkis, saya gagal pada babak pertama padahal bisa dibilang lawan saya biasa saya kalahkan pada event-event lainnya. Akhirnya saya menanggap diri saya selalu sial, dengan pandangan akan selalu sial saya mengalami tahun terburuk selama saya hidup.

Sampai pada dimana saya berulang tahun ada kejutan yang tidak terduga saat itu, teman atau yang saya biasa panggil kakak karena dia lebih tua 8 tahun datang. Pada saat datang saya terkejut entah apa yang saya rasakan marah karena pada waktu dia pergi tidak bilang atau senang karena dia datang. Kedatangan dia membuat saya sedikit ceria. Dia sekarang sukses entah kenapa. Waktu kami bersama kami habiskan dengan pergi ke tempat biasa kami berkumpul disana saya menceritakan yang saya alami sepanjang tahun dan pada saat itu dia menyuruh saya mengambil memo yang memang saya bawa kemana-mana.

Pertama dia menyuruh saya menuliskan kegagalan yang saya alami, saya hanya menurutinya dan selesai saya tulis dia melihatnya dan berucap “Bukankan ini semua impian dan mimpimu de” saya hanya terdiam lalu dia kembali menyuruh saya menulis lagi kali ini dia menyuruh saya menulis apa saja yang ingin saya capai tahun depan dan impian saya untuk masa depan. Tidak beberapa lama saya menulis akhirnya dia melihat tulisan saya dan setelah itu dia kembali menyuruh saya menulis lagi untuk yang ketiga kalinya kali ini dia berkata“ sekarang tulis apa saja yang telah kamu lakukan untuk mencapai apa yang kamu tulis tadi.” Setelah saya selesai dia berkata “sekarang tulis kenapa kamu gagal tahun ini.” 

Selesai itu semua dia menyuruh saya membaca semua yang telah saya tulis. Sesudah saya membaca saya hanya diam tidak tahu apa maksud dari semua yang saya lakukan lalu teman yang saya panggil kakak itu berkata “mau tahu kenapa kakak sukses sekarang menjadi pimpinan cabang perusahaan, kakak hanya melakukan persis yang kamu lakukan menulis semua kegagalan, hal yang menyebabkan kakak gagal, impian baru kakak dan apa yang telah kakak lakukan untuk meraihnya hanya itu dan kakak membacanya tiap kali sebelum tidur dan lihat hasilnya sekarang.” Saya hanya terdiam mendengar kata-kata tersebut lalu kami pulang karena memang sudah larut.

Sepanjang perjalanan tidak ada satupun dari kami berbicara seperti yang kami lakukan pada saat pergi, kami berdua hanya terdiam menatap jalan yang sudah mulai kosong hanya beberapa kendaraan saja yang melintas. Sesampainya di rumah sebelum saya turun dia berkata “De apapun yang kamu lakukan pasti usaha terbaikmu tapi usaha tanpa persiapan dan evaluasi nggak ada artinya tadi bukannya kakak marah tapi melihatmu seperti ini bukan kamu yang dulu bukan kamu yang kakak kenal yang tidak akan menyerah apapun yang terjadi, kakak hanya kecewa lihat kamu yang sekarang untuk itu kakak mau kamu lihat dan baca yang kamu tulis tadi bukan hanya dibaca tapi renungkan ya.nah Itu namanya resume akhir tahun walaupun belum akhir tahun satu lagi kakak lakuin ini semua untuk kamu supaya kamu sukses nantinya dan kenapa sekarang karena kakak ngga yakin akhir tahun kita bisa ketemu soalnya kakak mau ngelanjutin S3 kakak di Amerika, pertengahan November nanti kakak berangkat doain ya nih email kakak ******@yahoo.co.id kalo ada apa-apa mau cerita atau apapun email aja ya inget kakak ya dah”. Setelah itu saya langsung pergi kekamar dan membaca yang saya tulis tadi setelah kurang lebih 5 kali saya baca saya seolah mendapat motivasi baru dan baru mengerti apa yang dikatan tadi. 

Tahun berikutnya saya jalani dengan begitu lancar seolah tidak ada rintangan. Resume akhir tahun selalu baca tiap sebelum tidur dan hasilnya memang saya rasakan walaupun tidak semua yang saya tulis menjadi kenyataan lalu jika ada saya mempunayai masalah yang terbilang berat saya menceriatakannya lewat email dan memang selalu dijawab untuk memacahkan masalh saya. Sampai saat inipun saya masih membuat resume akhir tahun dan membacanya tiap malam.

Bagaimana tertarik membuat resume akhir tahun? Simpel kok caranya cuma tulis 5 hal
1. Kegagalan yang terjadi tahun ini
2. Penyebab gagalnya kita
3. Keinginan untuk tahun depan
4. Apa saja yang telah kita lakukan untuk mencapainya
5. Dan yang terakhir tulis pendapat orang mengenai diri kita tahun ini
Simpelkan terus baca deh tiap malam sebelum tidur nantinya setidaknya impian kita tahun depan tercapai beberapa.

0 komentar:

Posting Komentar