7 Jan 2009

GAME RISE OF NATION

Game Rise Of Nation baru-baru ini saya install lagi dari koleksi gameku. Game ini mengisahkan tentang kebangkitan suatu Negara, game ini mengharuskan pemainnya menyerang Negara lainnya. Game ini memang menarik dikarenakan game ini menyajikan zaman-zaman yang terbilang cukup banyak mulai dari zaman prasejarah sampai zamannya nuklir seperti sekarang.

Selain itu game ini mempunyai keunikan sendiri yaitu masing-masing Negara mempunyai kekuatan special tersendiri sebagai contoh Rusia mempunyai kekuatan mata-mata dan banyak lainnya.

Di game ini saya lebih senang memakai roman. Roman saya pilih karena alasan pribadi yaitu karena saya suka sekali apapun yang berhubungan dengan italia. Roman mempunyai kekuatan awal yang hebat memiliki pasukan khusus pada awal zaman dan Negara lain jarang yang mempunyai pasukan khusus diawal zaman.

Pasukan khusus inilah yang membuat saya lebih senang untuk memulai perang pada zaman itu. Pasukan saya waktu itu tak tertandingi walaupun hanya dengan tombak, pedang,panah,dan catapult. Bagian yang paling saya sukai adalah waktu saya melihat pasukan saya bertempur dengan pasukan yang lain. Walaupun efek suaranya yang pas-pasan tapi saya bisa merasakan pertempuran itu seolah terjadi. Satu lawan satu adalah bagian lain yang juga saya sukai.

Dalam mengambil alih kota kita hanya perlu menyerang kota itu saja.Namun mau tak mau zaman harus berkembang kalau tidak pasukan saya akan kalah. Benar saja pada waktu saya menyerang Negara yang mempunyai teknologi tinggi pasukan saya kalah dalam sekejapoleh senapan-senapan dan tank-tank mereka. Tapi tidak mau ketinggalan saya juga mulai merubah zaman Negara saya menjadi seperti sekaang dimana ada nuklir dan pesawat stealth. Kedua hal itulah yang menjadi andalan saya waktu itu.

Saya hanya membuat pasukan sedikit untuk merebut kota Negara lain itu. Namun sebelum saya menyerang saya membuat nuklir terlebih dahulu sebelum menyerang dan saya luncurkan ke kota yang ingin saya capture. Nuklir itu tentu saja ampuh bukan hanya kota yang langsung hancur dan bisa langsung di capture saja namun warga-warga yang bekerja di sawah,penambangan dan penebanagn semuanya ikut hancur.

Pada saat nuklir itu menghantam terdengar efek suara jeritan tapi karena hanya permainan saya abaikan saja.Tentu saja saya tidak bisa memakai nuklir terus menerus karena akan terjadi armagedon tentunya tapi ada rudal dan pesawat stealth yang siap selalu. Lagi-lagi keduanya menyerang tidak pandang bulu semuanya hancur seperti nuklir tadi namun membutuhkan waktu yang agak lama.

Tiba-tiba kakak sepupu saya menelpon, saya heran kenapa itu terjadi karena jarang sekali dia menelpon. Saat dia menelpon cuma ada 3 kemungkinan yang pertama masalah teknologi yang kedua mengajak keluar dan ketiga hanay iseng. Saya kira pilihan yang tepat adalah yang ketiga karena bisa dibilang sudah larut untuk menelpon. Perkiraan saya meleset jauh ternyata ini soal teknologi.

Kakak sepupuku yang satu ini memang seorang WEB master dia selalu memantau pengunjung di berbagai situs dan yang kutahu jika pengunjung suatu situs itu naik menjadi 100% dari awal maka adala aplikasi sejenis alarm yang akn mengingatkan.

Setelah dilihat dia ternyata langsung meneloponku dan memberitahukan bahwa suatu website pengunjungnya sangat banyak. Penasaran akan hal ini saya lalu membuka Opera sebagai web browser default saya dan langsung menuju ke website yang dibertahu tadi. Memang benar bahwa website itu ramai pengunjung karena berita,artikel,video,foto-foto suatu peristiwa.

Peristiwa itu adalah serangan Israel ke Jalur Gaza yang menewaskan sedikitnya 300 orang. Lebih parahnya pada saat pesawat Israel membombardir kawasan itu ada satu video yang cukup mengerikan bagi saya yaitu pada saat bom dijatuhkan ada suara takbir dan jeritan di video itu entah rekayasa atau bukan.

Tidak sanggup saya melihatnya saya langsung menutup website ini dan melanjutkan permainan saya. Saat kembali bermain pikiran saya kacau entah mengapa. Saya lalu berhenti sejenak untuk melihat televisi saya dan benar perkiraan saya malam itu banyak berita tentang penyerangan itu. Selesai itu saya kembali ke depan computer saya. Kembali saya melanjutkan permainan rise of nation saya tapi kali ini terpaksa mulai kembali dari awal karena Negara saya sudah kalah.

Pada permainan itu lagi-lagi situasi yang terjadi persis sama dengan awal saya bermain, pasukan saya hanay dengan tombak,pedang,panah dan catapult lagi-lagi berhasil menaklukkan wilayah lain namun seperti pada awal tetap saja saya harus menggunakan nuklir untuk menang tapi kali itu saya berpikir lagi.

Saya berpikir menghubungkan kejadian di game dengan kejadian di jalur Gaza tadi. Saya berpikir kenapa harus ada teknologi nuklir, bom, rudal bahkan kenapa harus ada senapan. Misalnya peperangan hanya menggunakan tombak,pedang,panah dan masing-masing berhadapan pada satu medan luas untuk bertarung maka tidak ada korban lainnya bukan.

Saya berpikir perang jaman sekarang sudah lain dan melenceng dari buku yang saya baca “ART OF WAR”. Saya terkesan dengan buku itu yang banyak mengambil kisah-kisah perang jaman dulu sebelum ada senapan muali dari kisah oktavianus kaisar roma sampai revolusi amerika. Dimana pasukan yang akan bertempur berhadapan satu sama lain lalu dengan taktik masing-masing entah itu tombak di depan apa kavaleri (pasukan berkuda) di depan dan dengan seperi itu maka tidak harus ada korban rakyat sipil seperti perang jaman sekarang.

Rasanya saya prihatin dengan kondisi dunia ini sekarang yang mengabaikan tata cara yang sudah ada. Percaya atau tidak sekarang saya berharap perang seperti jaman dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar