6 Des 2010

Apa yang ditakutkan dari robot di masa mendatang ???

Artificial intelligence ( kecerdasan buatan) memang bukan merupakan hal yang baru buat kita. Salah satu contoh A.I yang paling terkenal adalah robot, Asimo dan Roomba adalah salah satunya. Hal yang tidak bisa kita sangkal lagi kalau Artificial intelligence akan berkembang dimasa mendatang. Perkembangan AI terutama robot ternyata juga membawa suatu kecemasan untuk kita. Berikut ini adalah isu-isu yang mungkin akan menjadi masalah bagi perkembangan robot nantinya :

1.    Robot Mencuri Hati Kita
Robot tidak perlu mencuri hati kita dengan kekerasan, cukup dengan penampilan yang menarik dan memikat saja sudah cukup. Yup, salahkan otak kita jika hal ini terjadi karena mulai dari anak-anak sampai orang dewasapun bisa merasakan hal yang sama. Orang memang mudah terpikat dengan apa yang mereka lihat dan dengan apa yang mereka pikirkan. Bayangkan saja jika robot nanti terlihat seperti manusia. Apa yang akan terjadi ???

2.    Manusia mungkin memilih robot sebagai pasangannya
Kita masih bertanya-tanya apakah manusia akan jatuh cinta dengan robot. Ini mungkin terdengar sedikit konyol, tetapi mempertimbangkan bahwa banyak orang telah memiliki hubungan online yang mendapatkan cukup intim melalui Internet chat room dan berpartisipasi dalam sosial intens massively multiplayer game online selama bertahun-tahun. Sebuah robot daging-dan-baja yang terasa, terlihat dan terdengar seperti manusia akan memiliki daya tarik lebih besar. Terlebih jika robot akan terlihat mirip seperti kita dan lebih mudah dimengerti  jadi kenapa tidak ???

3.    Robot mengambil alih pekerjaan kita
Apapun yang dapat kita lakukan, robot dapat melakukannya dengan bahkan lebih baik. Robot pertama kali dibuat dengan tujuan membantu manusia. Robot diprogram sesuai dengan tujuannya, jadi apa yang akan terjadi jika setiap hal yang kita lakukan membutuhkan bantuan dari robot ??? tentu saja kita bisa kehilangan pekerjaan kita. Kenapa tidak ? Toh, robot bisa melakukan pekerjaan itu lebih baik dan lebih efisien. Yup,akhirnya kita bisa kehilangan pekerjaan kita bukan?

4.    Robot memberontak dan membunuh manusia
Banyak dari kita pasti kenal film yang satu ini “TERMINATOR”. Sebuah film yang menggambarkan bagaimana jika robot memberontak dan mengahancurkan ras manusia. Bahkan robot itu memiliki kecerdasan sendiri, berpikir sendiri. Inilah yang paling kita takutkan. Bagaiamana jika robot itu memberontak dan bisa berpikir sendiri lalu mengabaikan perintah manusia???


Tapi bagaimanapun perkembangan AI nantinya tidak bisa kita pungkiri yang bisa kita lakukan hanya mencegah bagaiamana hal-hal yang ditakutkan seperti yang dituliskan diatas tidak terjadi. Yup ini mungkin tidak akan terjadi dalam satu dua sepuluh  tahun mendatang tapi mungkin akan terjadi dalam dua puluh atau lima puluh tahun kedepan.

0 komentar:

Posting Komentar